Kuliah Umum Dr.Ali Yusri, M.Si dari FISIP UR

0
101

Kamis 26 Februari 2015 Program Studi Ilmu Pemerintahan FISP UMRAH menyelenggarakan Kuliah Umum dengan Tema “Ilmu Pemerintahan Dalam Persfektif Kemaritiman, yang dilaksanakan di ruang serbaguna lantai 3 Gedung Rektorat UMRAH Dompak. Kuliah Umum tersebut diikuti oleh mahasiswa Prgram Studi  Ilmu  Pemerintahan  dan  dihadiri juga   oleh   dosen   Program  Studi   Ilmu   Pemerintahan. Bertindak sebagai Moderator adalah NA. Dwi Putri, S.IP, M.Si Dosenn Ilmu Pemerintahan FISP UMRAH dengan pembicara  Dr.  Ali  Yusri  M.Si  yang  merupakan  Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultasl Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

Sebelum masuk kepada inti tema kuliah umum, yaitu tentang ilmupemerintahan dalam perspektif maritim, Dr. Ali  Yusri,  M.Si terlebih  dahulu menjelaskan gambaran mengenai eksistensi ilmu pemerintahan di Indonesia. Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan bahwa di Idonesia Ilmu Pemerintahan terbagi ke dalam 3 pendekatan atau tiga paradigma, pertama ilmu pemerintahan sebagai bagian dari ilmu politik, ke dua ilmu pemerintahan yang dekat dengan ilmu administrasi negara, dan yang ke tiga ilmu pemerintahan sebagai ilmu yang mandiri dan berdiri sendiri.

Lebih  lanjut,  Dr.  Ali  Yusri,  M.Si  menyatakan,  bahwa  dengan  kondisi  geografis  Provinsi Kepulauan Riau yang sebagian besar adalah lautan, maka Program Studi Ilmu Pemerintahan FISP Umrah, seharusnya mampu memberi corak atau warna kemaritiman pada dispilin Ilmu Pemerintahan tanpa menghilangkan kompetensi umum dari disiplin Ilmu Pemerintahan itu sendiri. Corak atau warna kemaritiman tersebut dapat dimuat dalam beberapa mata kuliah yang diselenggarakan pada Program Studi Ilmu Pemerintahan. Sehingga dengan demikian kompetensi lulusan Ilmu Pemerintahan FISP UMRAH nantinya akan tetap memiliki kompetensi umum yang sama dengan lulusan Ilmu Pemerintahan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan stake holder namun di sisi lain, lulusan Ilmu Pemerintahan FISP UMRAH juga memliki kompetensi khusus dibidang Ilmu Pemerintahan dengan pendekatan konsep kemaritiman. (hans_88)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here