PKM Sosiologi 2015 “Care, Creative, Competitif tapi Tetap Kekinian”

0
39

DSC_0414

DSC_0449

DSC_0670

DSC_0830

DSC_0878

DSC_1030

DSC_1035

DSC_1074

Memiliki lulusan perguruan tinggi yang kreatif, kompeten, peduli dan need for achievment (kebutuhan berprestasi) yang besar merupakan mimpi setiap perguruan tinggi. Guna mewujudkannya, peserta didik dituntut tidak hanya untuk memiliki kemampuan akademik yang baik, tapi juga harus memenuhi tiga aspek keahlian lainnya seperti keahlian berkomunikasi, keahlian memanjemen dan kemampuan berpikir. Keempat aspek tersebut baru bisa terwujud jika diasah dan dilatih secara kesinambungan. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mewujudkan keempatnya adalah melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Sosiologi 2015.

“ Mahasiswa itu harus cakap baik secara akademis maupun non akademis. Selain itu, mesti berani berkompetisi. Menjadi kreatif adalah sesuatu yang tidak boleh hilang pula dalam diri mahasiswa. Tak kalah penting adalah kepedulian terhadap sesame,” tutur Ketua Pelaksana PKM Sosiologi, Tri Samnuzulsari.

Kegiatan PKM Sosiologi 2015 ini digelar dengan mengusung tema Care, Creative, Competitif (3C) namun dibalut dengan unsur “kekinian” agar kegiatan yang dilaksanakan lebih semarak dan dapat dinikmati oleh mahasiswa UMRAH. Berbeda dengan even serupa yang sudah dilaksanakan di UMRAH, PKM Sosiologi 2015 ini mengkombinasikan antara aspek akademis dengan non akademis.

“ Mahasiswa dan akademis tidak dapat dipisahkan, begitupun dengan kesenian. Kami membuat PKM menjadi kegiatan yang bermanfaat tapi juga menyenangkan bagi mereka. Ditambah lagi dengan unsur kepedulian terhadap sesame dengan menggelar Charity Run yang kemudian didonasikan untuk bakti sosial di Pulau Pangkil,” tutur alumnus Unand tersebut.

PKM Sosiologi 2015 mendapat apresiasi tinggi dari Dekan FISIP UMRAH, Son Haji. Menurutnya, jarang-jarang ada even yang merangkai kegiatan akademis dan non akademis plus bakti sosial menjadi satu.

“ Berharap jurusan lain bisa meniru kegiatan yang bermanfaat ini. Kita patut memberikan apresiasi pada Jurusan Sosiologi,” tutur pria asal Solo tersebut.

PKM Sosiologi 2015 menggelar beberapa perlombaan berbasis akademis seperti Lomba Karya Ilmiah, Lomba Debat dan Lomba Fotografi bertema Masyarakat Pesisir. Sementara itu, perlombaan berbasis non akademis seperti Sociology Got Talent (SGT). PKM ditutup dengan kegiatan Charity Run, yang merupakan kegiatan amal dimana peserta yang ikut berlari dengan rute yang telah ditentukan dianggap sudah mendonasikan uang Rp 20rb. Dari kegiatan ini, terkumpul donasi Rp2juta.

Selain perlombaan di atas, PKM juga menggelar bazaar makanan dan pakaian selama 25-28/11/15. Panitia juga memanjakan pengunjung dengan Sociology Corner dan Booth untuk Selfie Contes. Sementara itu, juga disediakan pameran foto dan karya ilmiah yang diperlombakan. (Mrs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here