Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji pada awal mulanya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Sosial & Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji yang melebur kedalam UMRAH untuk memperkuat UMRAH di Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2008 dengan Dekan pada waktu itu dijabat oleh Drs. Zamzami A. Karim, MA. Kemudian di tengah-tengah perjalanan FISIP UMRAH, STISIPOL Memisahkan diri untuk berdiri kembali menjadi Perguruan Tinggi SwastaMurni, karena UMRAH akan dinegerikan.

Pemisahan tersebut cukup menyisakan beberapa persoalan baik secara Dosen maupun mahasiswa, namun akhirnya semua persoalan itu dapat terselesaikan sehingga FISIP UMRAH dapat berlari kencang kembali. Setelah Resmi berpisah dengan STISIPOL, Dekan FISIP UMRAH kemudian dijabat oleh Djaka Permana, Ph.D. Pada Era Kepemimpinan Djaka Permana ini, FISIP URMAH terus membangun budaya akademik, menerima Tenaga-tenaga Pengajar Muda yang penuh Determinasi untuk berkiprah dan mengembangkan FISIP UMRAH.

Usai membangun fondasi-fondasi pengembangan serta manajemen Fakultas,Djaka Permana, Ph.D tiba-tiba mengundurkan diri sebagai Dekan karena beliau dimanahkan untuk menjadi Wakil Rektor Bidang Kerjasama di Universitas Az-Zahra Jakarta. Dekan Kemudian Dijabat oleh Rumzi Samin, S.Sos, M.Si yang sedang menyelesaikan Studi Doktoral Ilmu Administrais Negara di Universitas Pasundan Bandung. Mantan Dosen STISIPOL Raja Haji ini kemudian bergerak cepat untuk menata FISIP UMRAH baik secara Manajerial maupun infstruktur gedung Fakultas. Kebutuhan dasar seperti Internet dan Telepon langsung digesa supaya FISIP UMRAH mampu berlari kencang mendahului Fakultas lainnya di UMRAH. Kemudian tahun 2013, Dekan FISIP DIjabat oleh Drs. Sonhaji, M.Si hingga kini

2015| Universitas Maritim Raja Ali Haji