Dosen Fisip UMRAH Mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat “Diskusi Terkait Pengelolaan Bank Sampah”

0
123

Tanjungpinang – Universitas Maritim Raja Ali Haji mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, dengan diskusi terkait pengelolaan bank sampah di Tanjungpinang yang berlokasi di Aula Kelurahan Sei Jang pada hari Kamis (04/10).

Diskusi ini dihadiri oleh Tim pengabdian Dr.Fitri Kurnianingsih, S.Sos,. M.Si, Dian Prima Safitri, S.AP,. M.AP dan Edison, S.AP,. M.PA yang merupakan Dosen di Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UMRAH, pengelola unit-unit Bank Sampah se-kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Komisi III Surya Makmur Nasution, Ketua Lembaga Air dan Lingkungan Manusia Kherjuli, pihak swasta dari usaha jasa bersih Usnedi, Boby dari pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Mahasiswa serta Masyarakat umum yang ikut hadir didalam diskusi tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pelayanan Bank sampah di Tanjungpinang dan bagaimana cara mengoptimalkannya seperti di daerah-daerah lain serta mengajak semua kalangan masyarakat, akademisi dan pemerintah untuk meningkatkan perhatian terhadap masalah sampah di tanjungpinang.

Dian Prima Safitri menjelaskan juga bagaimana kondisi sampah di Tanjungpinang, kemudian membandingkan dengan pengelolaan sampah yang sudah berkembang di daerah-daerah lain. Sebagai input untuk mengoptimalkan pelayanan Bank Sampah di Tanjungpinang.

“Pemerintah memegang peranan penting dalam peningkatan pengelolaan bank sampah. Selain itu swasta pun ikut andil dengan memberikan bantuan untuk unit Bank sampah melalui program CSR, akademisi mengambil peran kajian serta membuat model pelayanan maka unsur Penta Helix dapat berperan dalam menciptakan pengelolaan sampah sehingga segala program-program sampah dapat terus berkembang dan berkelanjutan”. ujar Dian Prima selaku Dosen UMRAH.

Masyarakat sangat memberikan respon positif terhadap diskusi ini tidak sedikit yang menyampaikan tanggapan, kendala juga masukan untuk pengelolaan sampah yang lebih baik.

Selain dari Dosen UMRAH, Surya Makmur Nasution selaku Anggota DPRD menanggapi bahwa sampah hari ini haruslah dibincangkan bukan hanya tingkat Kota saja namun harus juga di tingkat Provinsi sebagai pemerintah yang harus juga bisa mengelola sampah dan digiatkan agar Kota Tanjungpinang menjadi Kota yang bersih dan nyaman.

“Pengelolaan sampah ini harus dibicarakan oleh Gubernur untuk menjadi perhatian serius dan mengelolanya lebih baik lagi karna ini juga merupakan tanggung jawab dan tugas pemerintah”. tambah Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Surya Makmur Nasution

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here