Sah Dilantik, HIMKUM Ucapkan Sumpah dan Janji Pengurus

You are currently viewing Sah Dilantik, HIMKUM Ucapkan Sumpah dan Janji Pengurus

Dompak- Kepengurusan baru Himpunan Mahasiswa Ilmu Hukum Periode 2019/2020 telah resmi dilantik melalui pengucapan sumpah dan janji pengurus yang dipandu langsung oleh Wakil Dekan I FISIP UMRAH, Nanik Rahmawati, M.Si bertempat di Auditorium UMRAH, Dompak pada Rabu (14/7).

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Jurusan Ilmu Hukum, Irman, S.H., M.H untuk menyampaikan kata sambutan serta permohonan maaf dari Ketua Jurusan Ilmu Hukum, Marnia Rani,S.H.,M.H yang berhalangan hadir. Tak lupa pula beliau memberikan pesan serta harapan untuk HIMKUM kepengurusan baru. “Himkum sejatinya adalah wadah bagi mahasiswa hukum khususnya, saya berharap bahwa tidak ada blok atau pembatas antara himkum dengan unit kegiatan mahasiswa yang ada di hukum, seperti Rebate dan Komunitas Peradilan Semu. Harus jalan secara bersinergi,” tutur dosen yang mengajar Ilmu Perundang-Undangan tersebut.

“Satu hal lagi, saya juga berharap bahwa himpunan tidak hanya mengandalkan anggaran dari pihak Fakultas saja, yang bernominal 5 juta. Melainkan Himkum mampu berinovasi untuk bisa membuat kegiatan yang memiliki dampak positif, dan bukan hanya berpatokan 5 juta itu. Dan saya yakin,  kalian bisa,” imbuhnya.

  • Pelantikan HIMKUM 2019

Setelah kata sambutan yang berlangsung kurang lebih selama 15 menit tersebut, selanjutnya masuk pada acara inti kegiatan ini yakni pembacaan sumpah dan janji pengurus. Sebanyak 49 anggota kepengurusan himkum periode 2019/2020 dipanggil secara satu-persatu oleh MC berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Nomor: 2134/UN53.5/HK.00/2019 Tentang Penetapan Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Periode 2019-2020.

Pembacaan sumpah dan janji pengurus langsung dipandu oleh Wakil Dekan I FISIP UMRAH, Nanik Rahmawati, M.Si. Agenda ini berlangsung secara cepat dan khidmat, dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Tak sampai disitu, agenda dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari Himkum periode 2018 ke periode 2019 dalam hal ini langsung oleh Hakimi Suhamanya, selaku Ketua Umum HIMKUM Periode 2018 dan Rakha Fauzan, selaku Ketua Umum HIMKUM Periode 2019 dengan disimbolkan melalui penyerahan bendera Himkum. Dan tak lupa penandatanganan Surat Serah Terima Jabatan dengan turut menghadirkan dua orang saksi.

Tak lupa pula, setelah rangkaian pembacaan sumpah dan janji pengurus serta serah terima jabatan selesai, Wakil Dekan I FISIP UMRAH menyempatkan untuk menyampaikan kata sambutan. “Pertama-tama saya ingin menyampaikan permintaan maaf dari Dekan FISIP UMRAH, Dr. Oksep Adhayanto, S.H.,M.H karena tidak bisa melantik langsung rekan-rekan dari himkum. Pada dasarnya, apa yang ingin saya sampaikan sebenarnya juga sudah disampaikan sama Pak Irman,” ujarnya.

“Yaa benar, himpunan itu jangan cuma tok ngandalin 5 juta. Selain itu saya juga berharap bahwa tidak ada istilah himpunan itu tidak mau dicampuri dengan pihak prodi. Karena himpunan ya berada dibawah prodi, segala bentuk kegiatan, penggunaan dana itu prodi harus tahu,” lanjutnya.

“Terakhir dari saya, imbangi antara kampus dalam hal ini studi kalian dengan organisasi. Jangan terlalu sibuk mengurusi urusan organisasi sampai lupa menyelesaikan studi kalian disini. Ingat orangtua kalian,” tutup beliau yang akrab dipanggil Bu Nanik.

Dan setelah kata penutup dari beliau, dilanjutkan dengan sepatah dua patah kata dari Ketua Umum HIMKUM Periode 2019 dan ditutup dengan hal yang sama oleh Ketua Umum Himkum Periode 2018.

Setelah rangkaian acara dilaksanakan, agenda terakhir adalah sesi foto bersama pengurus baru himkum dengan Wakil Dekan I FISIP UMRAH, Sekretaris Jurusan Ilmu Hukum dan Demisioner Himkum.