WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI TENDIK DAN STRUKTURAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI 2019

0
6

Acara dilaksanakan di meeting room marjoly resort – Bintan (11-12 Okt 2019), Rangkaian acara  dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara yang dihadiri oleh seluruh TENDIK, serta seluruh pemangku jabatan struktural dilingkungan FISIP UMRAH. Kata sambutan disampaikan oleh Wakil Dekan II FISIP UMRAH Assist. Prof. Nazaki, M.Si selaku ketua panitia pelaksana, dalam kesempatan ini beliau menyampaikan pada kegiatan yang direncanakan akan dibagi menjadi 2 sesi, yang mana sesi pertama akan membahas mengenai rutinitas sehari – hari terkait perencanaan anggaran dan pencairan anggaran, serta memfokuskan pada peningkatan pelayanan baik teknis maupun praktek. Selanjutnya pada sesi ke – 2 akan disampaikan beberapa materi terkait validasi data akademik.

Pada kesempatan yang sama Dekan FISIP UMRAH Assist. Prof. Dr. Oksep Adhayanto, MH dalam sambutannya menghimbau kepada para peserta antusias mengikuti kegiatan dimaksud, serta mampu menjadikan hal ini sebagai indikator dalam peningkatan kinerja Tendik dan Pemangku jabatan struktural dilingkungan FISIP UMRAH, serta memberikan yang terbaik bagi FISIP khususnya, serta UMRAH pada umumnya.

Selanjutnya acara dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Maritim Raja Ali Haji Assoc. Prof. Agus Sutikno, M.Si beliau menyampaikan beberapa sisi kelemahan pada sistem pelayanan serta disiplin kerja TENDIK yang perlu diperbaiki. Beliau berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini akan meningkatkan Perbaikan dari sisi pelayanan menuju pelayanan Prima dengan berkomitmen tinggi. Beliau menghimbau ‘Hendaklah kita jangan bekerja seperti biasa’, namun Bekerjalah dengan mengedepankan 4 prinsip yaitu sikap disiplin, kreatif, inovatif, dan militansi (bersemangat tinggi) . Selanjutnya Beliau mengingatkan kembali bahwa TENDIK merupakan mitra Dosen, sehingga diharapkan antara Tendik dan Dosen agar dapat meningkatkan Sinergi guna terciptanya sebuah iklim yang kondusif dalam pembangunan UMRAH kedepannya.

Rangkaian acara selanjutnya  adalah pemaparan materi oleh Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan Drs. Edison, MBA dengan tema pertama yaitu “Kebijakan dan Langkah Strategis UMRAH dalam Pengembangan SDM”, dan tema kedua Pelayanan Prima. Dalam menyampaikan materinya beliau menyampaikan sebuah materi yang cukup menarik yaitu pembahasan mengenai “Strategic Choice”, penjabaran dari materi tersebut adalah berfikir positif / positive Thinking. Berfikir Positif dianggap sebagai starting point yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan. Beliau menghimbau bagi Tendik dan Dosen yang merupakan fokus pada acara ini agar mulailah bekerja dengan menumbuhkan kesadaran bahwa untuk bekerja di UMRAH merupakan suatu pilihan kita, sehingga diharapkan saat kita sudah mampu men-setting pola fikir yang dimaksudkan, maka akan menimbulkan rasa syukur dan kesadaran memiliki terhadap institusi.

Pada hari ke – II acara dilanjutkan dengan menghadirkan Pemateri dari Wakil Rektor I Universitas Maritim Raja Ali Haji Prof. Dr. Rer. Nat Rayandra Asyhar, M. Si dengan tema “Penguatan Akreditasi Prodi pada Fisip UMRAH dan Penguatan Kelembagaan UMRAH dalam upaya Peningkatan SDM. Beliau mengingatkan kembali tentang pentingnya Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi lain serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik.

Dalam penyampaian materi terkait persiapan akreditasi dan re-akreditasi program studi dilingkungan FISIP UMRAH beliau menekankan pada validitas data terkait akademik serta sarana / fasilitas. Beberapa aspek – aspek penilaian lainnya, diantaranya Kurikulum dari setiap program pendidikan, Jumlah tenaga pendidik, Keadaan mahasiswa, Kordinasi pelaksanaan pendidikan, termasuk persiapan sarana dan prasarana Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan dan rumah tangga dari perguruan tinggi.

Rangkaian acara selanjutnya pada hari ke-II dilanjutkan dengan pemateri ke – IV oleh Ka. Biro Akademik Kemahasiswaan, dan Kerjasama (BAKK) Ary Satia Dharma, S. Sos., M. Si. beliau menyampaiakan materi dengan tema “Koordinasi Pengelolaan Data Akademik dan Kemahasiswaan UMRAH”. Dalam pemaparannya beliau melanjutkan pembahasan mengenai validitas data Akademik yang mana antara Fakultas dan Biro Akademik memiliki simbiosis yang berkesinambungan. Manajemen ketatalaksanaan yang sudah terlaksana dilingkungan Universitas Maritim Raja Ali Haji akan didukung oleh sistem informasi berbasis komputer yang memadai, Sistem ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif. Oleh sebab itu, beliau menegaskan kembali pentingnya sistem manajerial yang baik serta koordinasi antara Fakultas dan BAKK dibangun dengan sebaik – baiknya untuk menjawab secara langsung masalah maupun kebutuhan perguruan tinggi terhadap pengelolaan akademik tersebut secara cepat dan tidak melelahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here