Dalam rangka perhelatan konferensi internasional, FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengutus perwakilan untuk menyampaikan sosialisasi dan promosi pada beberapa universitas di Batam. Adapun universitas yang menjadi tujuan yaitu Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Batam, Universitas Internasional Batam (UIB), Universitas Putera Batam (UPB), Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA), dan Universitas Batam (UNIBA).

Kunjungan tersebut dilaksanakan tidak hanya dalam rangka sosialisasi dan promosi konferensi internasional SHIMBA (1st International Conference on Social-Humanities in Maritime and Border Area), namun juga mempererat tali silaturahmi antara FISIP UMRAH dengan universitas terkait.

Kegiatan sosialisasi dan promosi ini dilaksanakan dua hari (31 Maret-1 April 2022) oleh perwakilan Panitia SHIMBA yang juga merupakan dosen FISIP UMRAH, yaitu Muhammad Fajar Hidayat, M.H., Annissa Valentina, M.A., Teguh Setiandika Igiasi, M.Si., Casiavera, M.Si., dan Nikodemus Niko, M.Sos.

Persinggahan pertama yaitu di UPBJJ-UT Batam, tim disambut hangat oleh Bapak Amrin, S.E. selaku PJB Registrasi dan Ujian dan perwakilan dosen. Dalam perbincangan ini, mereka sangat menyambut baik dan harapannya dapat berpartisipasi dalam konferensi. UPBJJ-UT Batam memberi apresiasi atas konferensi yang akan dilaksanakan bulan September mendatang.

Kemudian, kunjungan dilanjutkan ke Universitas Internasional Batam (UIB). Pertemuan berlangsung baik dan diskusi dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Ketua Program Studi Sarjana dan Program Pascasarjana, Kepala LPPM, serta Kepala Bagian Kerjasama UIB. Pejabat Struktural UIB mengapresiasi dan antusias sekali untuk menjadi bagian dari kegiatan ini. Sesi tanya jawab berlangsung santai, dimana pertanyaan mendasar bahwa luaran yang diharapkan dari konferensi internasional ini.

Selanjutnya, kunjungan di Universitas Putera Batam (UPB) dihadiri oleh Wakil Rektor III, Dekan dan Ketua Program Studi di lingkungan UPB. Kegiatan diskusi berlangsung lancar dan dua arah. Wakil Rektor III, Bapak Dr. Karol Teovani Lodan, M.AP. menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan konferensi yang akan dilaksanakan pada tahun ini. Kegiatan ini diharapkan menjadi jembatan untuk menjalin kerjasama dan silaturahmi yang lebih erat antara FISIP UMRAH dengan UPB.

Persinggahan di Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA), kami disambut oleh Wakil Dekan Fakultas Hukum (FH) serta dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dekan FISIPOL, dan beberapa Ketua Program Studi di lingkungan UNRIKA. Kegiatan diskusi dipandu langsung oleh Wakil Dekan FH, Ibu Dwi Afni Maileni, S.H., M.H. Animo dan apresiasi tinggi ditunjukkan Pejabat Struktural di lingkungan UNRIKA dan siap menjadi bagian untuk menyukseskan konferensi tingkat internasional ini. Pada diskusi yang berlangsung hangat tersebut, mereka mengharapkan adanya output atau kerjasama yang berkesinambungan antara UNRIKA dan UMRAH, khususnya dalam penelitian dan publikasi.

“Harapannya, ke depan UMRAH, khususnya FISIP UMRAH dan UNRIKA dapat membuat MoA ya, mudah-mudahan konferensi yang luarannya publikasi bereputasi internasional, kita tingkatkan kerjasama kita”, ungkap ibu Dwi Afni Maileni, S.H., M.H. dalam penutupan kegiatan.

Pada kegiatan Universitas Batam (UNIBA), menjadi persinggahan terakhir sosialisasi dan promosi SHIMBA di Batam. Kegiatan diskusi dipimpin langsung oleh Wakil Rektor IV Bidang Hubungan Kerjasama, Bapak Dr. Mohamad Gita Indrawan, M.M. Sambutan hangat dan apresiasi juga dirasakan Panitia SHIMBA. Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat rektorat UNIBA dihadiri oleh Dekan, Ketua Program Studi Sarjana dan Program Pascasarjana, Kepala LPPM, dan Staf Ahli Rektor. Harapannya konferensi ini menjadi jembatan dalam kolaborasi dan kerjasama yang lebih erat antara UNIBA dengan UMRAH khususnya FISIP UMRAH.

Konferensi internasional SHIMBA akan berlangsung pada 18-19 September 2022. Untuk informasi lebih lanjut, klik pada link website berikut: https://shimba.fisip.umrah.ac.id/

Artikulli paraprakGelar Kuliah Dosen Tamu, MAP Corner Undang Guru Besar UI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini