FISIP UMRAH Gelar SHIMBA Tahun 2023

  • Post author:
  • Post category:Berita
You are currently viewing FISIP UMRAH Gelar SHIMBA Tahun 2023

Tanjungpinang, 19 September 2023. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji menyelenggarakan Seminar Internasional SHIMBA (Social- Humanities in Maritime and Border Area) ke-2 pada Senin, 18 September 2023. Acara \ yang berlangsung di Auditorium Universitas Maritim Raja Ali Haji ini dihadiri lebih dari 100 orang peserta yang terbagi atas mahasiswa, akademisi, dan pegawai pemerintah.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof. Dr.Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA. ini menghadirkan 5 orang pembicara dari berbagai negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand dan Norwegia, 3 orang pembicara hadir secara langsung yaitu Dr. Dafri Agussalim, M.A dari Universitas Gajah Mada, Prof. Madya Dr. Jalaluddin Bin Abdul Malek dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Onanong Thippimol, P.hD. dari Thammasat University Thailand. dan 2 orang pembicara hadir secara daring yaitu Prof. Dr. R. Siti Zuhro, M.A dari Pusat Riset Politik – Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) dan Ziaul Haque Munim, P.hD. dari University of South-Eastern Norway.

Setiap pembicara mempresentasikan dan membahas materinya sejalan dengan tema seminar “Strengthening Maritime Border Governance in Southeast Asia: Regionalism and Locality.” Dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator Tika Ismail.

Acara yang diketuai oleh Nikodemus Niko, M.Sos. ini mendapatkan sambutan yang positif baik dari peserta maupun pembicara. Di antaranya menyebutkan bahwa acara serupa sangat diharapkan untuk diselenggarakan rutin setiap tahunnya mengingat daerah Kepulauan Riau merupakan kawasan Perbatasan Maritim yang berbatasan langsung dengan negara tetangga di Asia Tenggara. (TS)