KOMUNIKASI DAN ADVOKASI KEBIJAKAN
Ireferensi bagi praktisi, pembuat kebijakan, dan masyarakat umum yang ingin memahami lebih dalam mengenai komunikasi dan advokasi kebijakan


Mengapa Manajemen Penting?
Komunikasi manusia telah ada sejak zaman purba. Awalnya, manusia berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan suara yang diperkuat dengan gerakan tubuh. Seiring perkembangan zaman, teknologi mulai berkembang dan memungkinkan proses komunikasi menjadi lebih efektif
dan cepat. Dalam sejarah, komunikasi melalui tulisan pertama kali muncul di Mesir kuno pada abad ke-4 SM. Kemudian, pada abad ke-2 SM, orang China mulai menggunakan kertas sebagai media untuk menulis dan mengirim pesan.
Perkembangan teknologi pada abad ke-19 menghasilkan penemuan telegraf yang memungkinkan pengiriman pesan jarak jauh dengan lebih cepat. Namun, meskipun telegraf telah mengubah cara orang berkomunikasi, ada banyak faktor yang membatasi penggunaannya. Pada
awal abad ke-20, telepon menjadi pengganti telegraf dalam komunikasi, dan setelah Perang Dunia II, televisi dan radio juga menjadi media yang populer. Kemudian, teknologi informasi dan internet membawa revolusi baru dalam komunikasi dan memungkinkan komunikasi
global secara instan.
Konten buku ajar ini berisi pengantar tentang konsep komunikasi dan kebijakan, prinsip dan strategi advokasi kebijakan, serta bentuk-bentuk komunikasi dan advokasi kebijakan dalam lingkungan organisasi, masyarakat, dan pemerintah. Selain itu, terdapat juga beberapa studi kasus untuk memberikan gambaran praktis mengenai implementasi komunikasi dan advokasi kebijakan di berbagai lingkungan. Semoga buku ajar ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Daftar Isi
Daftar Isi buku ini antara lain:
Bab 1
KONSEP DAN UNSUR KOMUNIKASI (Asal Mula Konsep Komunikasi, Pengertian Komunikasi, Unsur-Unsur Komunikasi, Perkembangan Komunikasi dari Masa
ke Masa, Penerapan Teknologi dalam Komunikasi)
Bab 2
BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI (Jenis Komunikasi, Konflik Komunikasi, Peran Teknologi dalam
Komunikasi Modern, Perbandingan Komunikasi di Negara Maju
dan Negara Berkembang, Strategi Komunikasi)
Bab 3
TEKNIK-TEKNIK KOMUNIKASI (Pengertian Teknik Komunikasi, Teknik Persuasif dalam Komunikasi, Teknik Komunikasi Efektif, Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Komunikasi dalam Organisasi)
Bab 4
PENGERTIAN ADVOKASI KEBIJAKAN
(Sejarah Advokasi, Hubungan Advokasi Kebijaka, Advokasi Kebijakan Organisasi, Advokasi Kebijakan dalam Kehidupan Sosial, Advokasi Kebijakan di Sistem Pemerintahan)
Bab 5
PROSES ADVOKASI KEBIJAKAN (Identifikasi Masalah dan Isu, Penyusunan Argumen Kebijakan, Komunikasi dan Presentasi Argumen, Evaluasi Dampak Kebijakan, Komunikasi dalam Dukungan Publik)
Bab 6
PENGERTIAN ADVOKASI KEBIJAKAN
(Sejarah Advokasi, Hubungan Advokasi Kebijaka, Advokasi Kebijakan Organisasi, Advokasi Kebijakan dalam Kehidupan Sosial, Advokasi Kebijakan di Sistem Pemerintahan)
Bab 7
JENIS ADVOKASI KEBIJAKAN(Advokasi Pembelaan dan Promosi, Advokasi Pencegahan, Advokasi Reformasi, Advokasi Perubahan Sosial dan Politik, Advokasi Opini Publik)
Bab 8
BENTUK ADVOKASI KEBIJAKAN (Analisis Kebijakan, Kampanye Publik, Advokasi Kelompok, Keterlibatan Kelompok, Kerjasama dan Kemitraan)
Bab 9
PRAKTEK ADVOKASI KEBIJAKAN(Implementasi Advokasi Informasi,Implementasi Advokasi Persuas, Implementasi Advokasi Pemberdayaan)
Dapatkan Karya Terbaik Sepanjang Masa
Keterangan Buku
Judul Buku: KOMUNIKASI DAN ADVOKASI KEBIJAKAN
Penulis: Jamhur Poti
Penerbit: Laboratorium Komunikasi & Sosial (LAB.KOMSOS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji
Cetakan: I, Agustus 2023
Kertas isi: HVS 70 gram
Jumlah halaman: 156 hlm
Ukuran: 15,5×23 cm
ISBN: Dalam Proses
Harga Buku
Rp100,000
Rp75,000
- Harga Belum termasuk Ongkos Kirim
- Buku Masih Baru dan Disegel
- Garansi Kualitas

Garansi Uang Kembali
Semua buku yang telah diterbitkan telah melalui quality control yang cukup ketat. Apabila Bapak/Ibu yang telah membeli buku ini mendapatkan kecacatan dalam bukunya, misalnya halaman terbalik, rusak, ataupun kecacatan lainnya, silahkan tunjukkan kepada kami melalui chat maka kami akan mengganti dengan buku yang baru.