Beranda blog

Sah Dilantik, HIMKUM Ucapkan Sumpah dan Janji Pengurus

0
Pelantikan HIMKUM 2019

Dompak- Kepengurusan baru Himpunan Mahasiswa Ilmu Hukum Periode 2019/2020 telah resmi dilantik melalui pengucapan sumpah dan janji pengurus yang dipandu langsung oleh Wakil Dekan I FISIP UMRAH, Nanik Rahmawati, M.Si bertempat di Auditorium UMRAH, Dompak pada Rabu (14/7).

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Jurusan Ilmu Hukum, Irman, S.H., M.H untuk menyampaikan kata sambutan serta permohonan maaf dari Ketua Jurusan Ilmu Hukum, Marnia Rani,S.H.,M.H yang berhalangan hadir. Tak lupa pula beliau memberikan pesan serta harapan untuk HIMKUM kepengurusan baru. “Himkum sejatinya adalah wadah bagi mahasiswa hukum khususnya, saya berharap bahwa tidak ada blok atau pembatas antara himkum dengan unit kegiatan mahasiswa yang ada di hukum, seperti Rebate dan Komunitas Peradilan Semu. Harus jalan secara bersinergi,” tutur dosen yang mengajar Ilmu Perundang-Undangan tersebut.

“Satu hal lagi, saya juga berharap bahwa himpunan tidak hanya mengandalkan anggaran dari pihak Fakultas saja, yang bernominal 5 juta. Melainkan Himkum mampu berinovasi untuk bisa membuat kegiatan yang memiliki dampak positif, dan bukan hanya berpatokan 5 juta itu. Dan saya yakin,  kalian bisa,” imbuhnya.

  • Pelantikan HIMKUM 2019

Setelah kata sambutan yang berlangsung kurang lebih selama 15 menit tersebut, selanjutnya masuk pada acara inti kegiatan ini yakni pembacaan sumpah dan janji pengurus. Sebanyak 49 anggota kepengurusan himkum periode 2019/2020 dipanggil secara satu-persatu oleh MC berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Nomor: 2134/UN53.5/HK.00/2019 Tentang Penetapan Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Periode 2019-2020.

Pembacaan sumpah dan janji pengurus langsung dipandu oleh Wakil Dekan I FISIP UMRAH, Nanik Rahmawati, M.Si. Agenda ini berlangsung secara cepat dan khidmat, dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Tak sampai disitu, agenda dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari Himkum periode 2018 ke periode 2019 dalam hal ini langsung oleh Hakimi Suhamanya, selaku Ketua Umum HIMKUM Periode 2018 dan Rakha Fauzan, selaku Ketua Umum HIMKUM Periode 2019 dengan disimbolkan melalui penyerahan bendera Himkum. Dan tak lupa penandatanganan Surat Serah Terima Jabatan dengan turut menghadirkan dua orang saksi.

Tak lupa pula, setelah rangkaian pembacaan sumpah dan janji pengurus serta serah terima jabatan selesai, Wakil Dekan I FISIP UMRAH menyempatkan untuk menyampaikan kata sambutan. “Pertama-tama saya ingin menyampaikan permintaan maaf dari Dekan FISIP UMRAH, Dr. Oksep Adhayanto, S.H.,M.H karena tidak bisa melantik langsung rekan-rekan dari himkum. Pada dasarnya, apa yang ingin saya sampaikan sebenarnya juga sudah disampaikan sama Pak Irman,” ujarnya.

“Yaa benar, himpunan itu jangan cuma tok ngandalin 5 juta. Selain itu saya juga berharap bahwa tidak ada istilah himpunan itu tidak mau dicampuri dengan pihak prodi. Karena himpunan ya berada dibawah prodi, segala bentuk kegiatan, penggunaan dana itu prodi harus tahu,” lanjutnya.

“Terakhir dari saya, imbangi antara kampus dalam hal ini studi kalian dengan organisasi. Jangan terlalu sibuk mengurusi urusan organisasi sampai lupa menyelesaikan studi kalian disini. Ingat orangtua kalian,” tutup beliau yang akrab dipanggil Bu Nanik.

Dan setelah kata penutup dari beliau, dilanjutkan dengan sepatah dua patah kata dari Ketua Umum HIMKUM Periode 2019 dan ditutup dengan hal yang sama oleh Ketua Umum Himkum Periode 2018.

Setelah rangkaian acara dilaksanakan, agenda terakhir adalah sesi foto bersama pengurus baru himkum dengan Wakil Dekan I FISIP UMRAH, Sekretaris Jurusan Ilmu Hukum dan Demisioner Himkum.

HIMKUM FISIP UMRAH Sosialisasi Bahaya Bullying di Lingkungan Sekolah

0

Tanjungpinang, – Dalam rangka memberikan edukasi kepada kalangan pelajar terkait dengan bahaya bullying yang marak terjadi, Himpunan Mahasiswa Ilmu Hukum melalui Divisi Advokasi mengadakan kegiatan Himkum Goes To School dengan tema “Sosialisasi Bahaya Bullying di Lingkungan Sekolah” pada hari Sabtu, 15 Februari 2020 yang berlokasi di SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang.

“Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa, khususnya dalam hal ini yang masih duduk dibangku kelas VII bahwa bullying adalah perilaku yang tidak dibenarkan dalam alasan apapun itu. Mengingat, kian hari pemberitaan mengenai tindakan ini semakin meningkat dan beberapa diantaranya bahkan sampai menelan korban jiwa,” papar Ketua Advokasi Himkum, M. Febry Satria.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama 90 menit tersebut disambut antusias oleh para siswa. Penyampaian materi melalui pemaparan Power Point dan pemutaran video menjadi lebih mudah diterima oleh para siswa tersebut.

Kedepannya, kegiatan ini diharapkan mampu berlanjut dengan menyesuaikan kondisi maupun permasalahan social terjadi dalam masyarakat. Sehingga dapat memberikan manfaat positif yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Karena pada dasarnya, pengabdian bukan sekadar kita merasa bahwa kita berada di posisi yang lebih tinggi kemudian datang untuk memberi sesuatu. Namun pengabdian lebih dari itu, dimana kita belajar diberi dan memberi, belajar untuk mendengar dan didengar.

Jadwal Pengambilan LIHS

0

Rilo Pambudi. S Menangi Lomba Blog Pagelaran TIK Yogyakarta 2019

0

Rilo Pambudi. S, mahasiswa Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) meraih juara pertama dalam Lomba Blog Pagelaran TIK 2019. Acara yang berlangung sejak 5 Agustus – 4 September 2019 ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lomba terbagi menjadi 4 kategori dengan tema berbeda-beda. Rilo, sapaan akrab mahasiswa konsentrasi HTN ini ikut pada kategori APTIKA dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Menguatkan Akar Budaya Lokal.”

Melalui artikelnya berjudul “Merawat Budaya Yogyakarta di Era Milenial Lewat Aplikasi Jogja Istimewa,” ia berhasil mengalahkan blogger-blogger Indonesia. Sebagai pemula, ia merasa bersyukur atas capaiannya.

“Saya merasa bangga. Selain karena bisa kembali mengharumkan almamater, kemenangan kali ini memang terasa spesial karena bisa bersanding dengan orang-orang kompeten. Saya lihat pesertanya blogger langganan juara semua. Tapi Alhamdulliah, Allah kasih rezeki ke saya,” ucapnya penuh syukur.

Artikel tersebut mengulas mengenai peranan Aplikasi Jogja Istimewa dalam melestarikan budaya lokal. Melalui tulisannya juga dikatakan bahwa di era serba digital ini, pelestarian budaya berbasis teknologi menjadi penting untuk dilakukan.

Diakuinya bahwa selama ini masih sedikit yang memanfaatkan aplikasi tersebut yang dibuktikannya dari jumlah unduhan aplikasi kemudian dibandingkan jumlah masyarakat Jogja. Menurutnya hal ini membuktikan bahwa kecintaan terhadap khasanah budaya mulai berkurang.

“Latar belakang saya angkat materi ini karena melihat aplikasi yang lengkap, mudah diakses, dan kekinian tapi belum dimanfaatkan maksimal. Baru 50 ribu unduhan padahal masyarakatnya 3,9 juta. Apalagi dibandingkan dengan populasi Indonesia. Sungguh disayangkan. Padahal melalui aplikasi itu kita bisa belajar hampir 100% kebudayaan Jogja yang sebenarnya khasanah budaya nasional juga,” tuturnya.

Atas raihan ini, ia pun berharap akan banyak yang mengikuti jejaknya sebab masih yang belum memahami manfaat dari menulis.

“Saya harap ini menjadi motivasi, khususnya mahasiswa Ilmu Hukum. Di UKM Rebate itu saya sudah berulang kali mengajak, bahkan saya buatkan blog. Tapi ya gitu masih banyak yang belum tahu manfaatnya. Blog itupun sekarang nggak ada yang mau isi,” tutupnya.

HMHI UMRAH dan KADIN Bintan gelar seminar kepariwisataan Bintan berbasis kemasyarakatan

0

            Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc sebagai keynote speaker memperkenalkan dan menguji coba Syarah UMRAH yang merupakan sistem belajar online atau sarana E-learning UMRAH yang dipergunakan untuk menfasilitasi blended learning online. Prof Akhlus menyampaikan 5 faktor kunci pariwisata yang dapat dikaji dan diaplikasikan di perguruan tinggi yaitu pariwisata berbasis alam, budaya, seni, heritage dan peran masyarakat terhadap pariwisata.

            Dalam diskusi panel Drs. Wan Rudy Iskandar, MM sebagai kepala dinas pariwisata dan kebudayaan bintan mengatakan bahwa kabupaten bintan sudah melaksanakan program pengembangan pariwisata dari 30 tahun yang lalu seperti kawasan lagoi, trikora, dan pulau-pulau kecil lainnya. Pada bulan juli 2019 KEPRI berada pada peringkat ke 2 sebagai wilayah yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara setelah bali ujar kepala dinas pariwisata dan kebudayaan bintan di gedung auditorium UMRAH dompak. Dia juga mengatakan kontribusi dinas pariwisata dalam pengembangan pariwisata yaitu seperti pembinaan akses wisata dan pelatihan travel agent, tour guide, dll

Rabu 11 september 2019 Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional UMRAH dan Kamar Dagang dan Industri Bintan menggelar seminar daerah bertema membangun kepariwisataan kabupaten bintan yang berbasis kemasyarakatan (Community based Tourism) di gedung auditorium Universitas Maritim Raja Ali haji. Seminar tersebut dihadiri oleh Rektor UMRAH, Ketua KADIN Bintan, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Bintan, Ketua Association of the Indonesian tourism and travel agency (ASITA), Dosen Hubungan Internasional dan Mahasiswa berbagai prodi di FISIP UMRAH.

            Pembicara ketiga yaitu Edi Rusman Subakti yang merupakan ketua KADIN Bintan. Wisata bahari merupakan tujuan dari pada wisatawan. Semenjak lagoi dibangun Banyak wisatawan singapura, jepang dan eropa mengunjungi bintan dan pada tahun 1992 korea dan Taiwan mulai datang mengunjungi bintan. Namun sekarang tiongkok merupakan wisatawan terbanyak di bintan. Para wisatawan mengunjungi pulau bintan untuk melihat keindahan (pantai, bahari, dll) belum ke kebudayaan ujar ketua KADIN Bintan ini. Bapak Edi juga mengatakan yang paling menonjol bagi wisatawan di lagoi adalah mangrove, bagi kita ini biasa namun bagi para wisatawan ini luar biasa karena ada ular diatas pohon bakau sedangkan manusia beraktivitas dibawahnya.

            Sapril Sembiring sebagai ketua Association of the Indonesian tourism and travel agency (ASITA) mengajak masyarakat untuk mengelola atau berbisnis homestay karena wisatawan sangat butuh penginapan. Bisnis lain yaitu mengembangkan budaya tradisional yang tidak ada di negara wisatawan tersebut. Pembicara terakhir yaitu dosen prodi hubungan internasional, Ady Muzwardy menyampaikan bahwa prodi ilmu hubungan internasional akan membuka konsentrasi dibidang pariwisata. (Dewi Susanti_hubungan internasional 2017)

Kali Pertama Diadakan, Malam Inagurasi Prodi Ilmu Hukum Sukses di Gelar

0

Dompak- Dalam rangka menyambut mahasiswa baru Program Studi Ilmu Hukum Tahun Ajaran 2019 sekaligus melepas wisudawan/i Angkatan Ke- XIII, Himpunan Mahasiswa Ilmu Hukum UMRAH untuk pertama kalinya menggelar kegiatan Malam Inagurasi, Selasa (10/09).

Kegiatan yang berlangsung tersebut dibagi menjadi dua regular, yakni reguler siang dan reguler malam. Acara yang berlangsung selama kurang lebih 9 jam tersebut menampilkan berbagai macam kegiatan yang memberikan edukasi, pemahaman dan informasi terkait dunia perkuliahan yang dikemas secara menarik dan tidak membosankan. Pada regular siang, kegiatan diisi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada dilingkungan Prodi Ilmu Hukum dengan mengisi kegiatan Workshop Pengembangan Soft Skill Mahasiswa Ilmu Hukum, yang kemudian dilanjuti oleh Sharing Alumni: Prospek Profesi Hukum, yang diisi oleh Nina Firda Amalia, S.H.

Hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara, Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Marnia Rani, S.H.,M.H. “Saya menyambut baik kegiatan Malam Inagurasi yang diadakan oleh Himkum, karena pada dasarnya ini juga sebagai ajang menjalin silahturahmi diantara mahasiswa baru dengan kakak-kakak seniornya. Saya harap kegiatan ini dapat berjalan lancar sampai dengan akhir,”imbuhnya.

Kata sambutan yang berlangsung  kurang lebih selama 10 menit tersebut berjalan dengan santai dan penuh tawa. Juga turut berbicara, dosen Prodi Hukum, Irwandi Syahputra, S.H.,M.H dan Pery Rehendra Sucipta, S.H.,M.H.

Beberapa rangakain acara juga dilanjutkan pada regular malam, yang dimulai pada pukul 18.45 WIB. Kompak mengenakan dresscode putih, peserta yang merupakan seluruh mahasiswa ilmu Hukum termasuk alumni dan wisudawan/i tampak menikmati acara.  Mahasiswa baru secara bergantian kelompok unjuk kebolehan bernyanyi dan membaca puisi dalam kegiatan Pentas Seni.

Turut hadir pula Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMRAH, Dr. Oksep Adhayanto, S.H.,M.H memberikan kata sambutan pada kegiatan malam. “Saya sangat mengapresiasi panitia dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Hukum yang telah berhasil menyelenggarakan acara Malam Inagurasi yang baru pertama diadakan, saya berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan” ujar beliau yang akran dipanggil Pak Oksep.

Selanjutnya kegiatan pensi kembali dilanjutkan, sampai kepada moment pelepasan wisudawan/I Prodi Ilmu Hukum Angkatan XIII. Panitia mempersembahkan penampilan berupa nyanyian kenangan dan pembacaan puisi, para perserta tampak larut dalam suasana tersebut.

Melalui acara ini diharapkan  khususnya kepada mahasiswa baru segera beradaptasi dengan lingkungan akademis di kampus  sehingga nantinya dapat belajar dengan baik dan meraih prestasi yang maksimal. Setelah rangkaian acara dilaksanakan, tepat pukul 21.30 acara resmi ditutup dengan tepuk tangan yang meriah oleh seluruh peserta.

HIMPUNAN MAHASISWA SOSIOLOGI GELAR PEKAN KREATIFITAS MAHASISWA

0

Dompak, Himpunan Mahasiswa Sosiologi FISIP UMRAH mengadakan kegiatan Pekan Kreatitifitas Mahasiswa (PKM) di lingkungan FISIP UMRAH (23/09/2019).

Muhammad Khadafi selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu 23 dan 24 september 2019, salah satu tujuan dari kegiatan ini untuk mengembangkan bakat-bakat dari kawan2 mahasiswa dengan berbagai macam perlombaan seperti Got Talent, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Vidio Dokumenter dan tanding Futsal yang pesertanya diikuti oleh mahasiswa Tanjungpinang dan Bintan.

Ketua Program Studi Sosiologi Assist. Prof. Marisa Elsera, S.Sos., M.Si sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih juga kepada alumni sosiologi yang sudah menyempatkan diri dan berpartisipasi untuk memeriahkan kegiatan ini.

Sambutan juga ditambahkan oleh Wakil Dekan I FISIP UMRAH Assist. Prof. Nanik Rahmawati, S.Sos., M.Si sekaligus membuka kegiatan PKM Sosiologi dan beliau menyampaikan semoga dengan adanya kegiatan PKM seperti ini seluruh mahasiswa bisa memberikan sumbangsih bagi kampus dan mampu menciptakan bibit-bibit unggul untuk bisa dilanjutkan ke level-level berikutnya dan bahkan disetiap tahunnya banyak lomba yang dilaksanakan oleh belmawa dikti yang bisa mahasiswa ikuti, tutupnya.

Kegiatan ini dibuka langsung dengan penampilan pencak silat oleh Reski Pratama dan Muhammad Haikal Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2018 kemudian dilanjutkan dengan Flashmob Dance oleh seluruh panitia dan ikuti oleh juri serta dosen sosiologi dan dilanjutkan dengan kegiatan lomba.

Terbaru