Beranda blog

NATIONAL CONFERENCE, CALL FOR PAPER SPDK & FORUM DEKAN ILMU-ILMU SOSIAL PTN SE-INDONESIA

0

Seminar Nasional & Call For Paper Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan tema Strategi Pembangunan Daerah Kepulauan ini bertujuan menghimpun pemikiran dalam rangka memecahkan dan merumuskan solusi terhadap permasalahan yang ada di daerah kepulauan. Pada dasarnya untuk mendapatkan persamaan pandangan dan persepsi terkait pentingnya prioritas dan percepatan akselarasi pembangunan di daerah kepulauan baik dari sudut pandang Pemerintah, DPR, dan Masyarakat di Daerah Kepulauan. Selanjutnya untuk membangun pemahaman dan menggalang dukungan dari masyarakat di daerah kepulauan akan pentingnya regulasi khusus yang mengatur tentang daerah kepulauan dalam bentuk Undang-undang. Serta memberikan dorongan agar RUU Percepatan Pembangunan Daerah Kepulauan ini kembali masuk dalam Program Legislasi Nasional Tahun 2014-2019 dan segera di sahkan menjadi Undang-undang.

Ketentuan lebih lanjut Petunjuk Penulisan Paper ⇒ klik disini

Pendidikan tinggi di bidang Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik merupakan suatu proses yang penting dilakukan secara terstruktur dan bertanggung jawab untuk menghasilkan lulusan yang mampu merespon kebutuhan masyarakat baik secara lokal, nasional, international maupun global. Untuk itu institusi penyelenggara program pendidikan tinggi di bidang Ilmu-Ilmu Sosial memerlukan keselarasan, kesinambungan, dan keteraturan dalam berbagai upaya peningkatan serta pendayagunaan berbagai sumber agar berdaya guna dan berhasil guna. Dengan demikian program pendidikan di bidang Ilmu-Ilmu Sosial apat memberikan dampak dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat.

Atas dasar pertimbangan tersebut, dibentuklah sebuah wadah organisasi Forum Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri Se-Indoensia sebagai organisasi kumpulan penyelenggara pendidikan di bidang ilmu-ilmu sosial, dengan tujuan mewujudkan kerjasama antar anggota guna peningkatan fungsi Tri Dharma PerguruanTinggi berdasarkan saling pengertian dan saling sinergi dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Untuk mewujudkan tujuan sebagaimana tersebut di atas, maka diadakanlah Petermuan sekaligus seminar yang dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setiap tahunnya. Pada tahun 2017 pertemuan sekaligus seminar pertama dilaksanakan di Universitas Andalas (Padang-Sumatera Barat) pada tanggal 9 s.d 12 mei 2017 dengan tema seminar Nasional “Transformasi Ilmu Sosial dan Politik Dalam Menyelesaikan Permasalahan Bangsa”. Kemudian pertemuan yang kedua akan dilakanakan di Universitas Maritim Raja Ali Haji (Tanjungpinang-Kepulauan Riau) pada tanggal 14 s,d 17 November 2017 dengan 2 (dua) Tema Seminar Nasional yaitu: “Pelaksanaan Pilakada Serentak Yang Sehat, Jujur, Adil, dan Akuntabel”.

Ketentuan Penulisan Prosiding Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial PTN Se-Indonesia ⇒ klik disini

 

PKKMB FISIP 2018

0

Tanjungpinang — Persma Kreatif FISIP UMRAH, Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Matirim Raja Ali Haji di laksanakan di Kampus UMRAH Dompak, Jumat (31/08).

PKKMB FISIP UMRAH 2018 dilaksanakan dua hari, yaitu pada 29-30 Agustus 2018. Pembukaan di lakukan di Auditorium Universitas  Maritim Raja Ali Haji, Dompak, yang di buka langsung oleh Dekan FISIP yaitu Bismar Arianto, M.Si, dalam isi pembukaannya beliau meminta agar mahasiswa FISIP dapat menyelesaikan kuliahnya dengan tepat waktu, yaitu dalam kurun waktu 4 tahun.

PKKMB FISIP UMRAH 2018 di Ketuai oleh Wakil Dekan I FISIP yaitu Nanik Rahmawati, M.Si, Dalam kegiatan PKKMB FISIP UMRAH 2018 ini bertujuan agar Mahasiswa Baru mengenal dan mengetahui hiruk pikuk kehidupan kampus di FISIP,  mengetahui tentang Organisasi Mahasiswa yang ada di FISIP dan sekaligus dapat mengetahui Informasi Beasiswa yang ada di kampus.

Total Mahasiswa Baru FISIP tahun 2018 yaitu sebanyak 466 dari 5 Program Studi yang ada di FISIP. 128 Mahasiwa dari Program Administrasi Publik, 108 Mahasiswa dari Program Ilmu Pemerintahan, 118 dari program studi Ilmu Hukum, 80 Mahasiswa dari Program Sosiologi, dan 32 Mahasiswa dari Hubungan Internasional.

YUDISIUM V FISIP 2018

0

Tanjungpinang, Persma Kreatif FISIP UMRAH – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), di lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menyelenggarakan Yudisium Ke V di Auditorium Dompak, Kamis (24/08).

Yudisium ke V di buka oleh Wakil Dekan I Nanik Rachmawati dan selanjutnya di isi oleh Kata Sambutan dari Dekan FISIP UMRAH yaitu Bismar Ariyanto.
“Selamat menyandang gelar sarjana, semoga ilmunya berkah, semoga membawa membawa manfaat kedepannya dan jadilah perpanjangan tangan yang baik dari FISIP dan UMRAH” ucap Wakil Dekan I FISIP UMRAH.

Terdapat 5 program studi di FISIP UMRAH, Yudisium di ikuti sebanyak 236 Mahasiswa yang terdiri dari 80 Program Studi Administrasi Publik, 106 dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, 43 dari Program Studi Sosiologi, dan 7 dari Program Studi Hukum, untuk Program Studi Hubungan Internasional sendiri Program Studi baru yang belum ada mahasiswanya untuk Yudisium

Dalam acara Yudisium tersebut di bacakan pula Surat Keputusan (SK) Pemuncak Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk masing-masing program studi dan Pemuncak IPK se-FISIP.

Yaitu sebagai berikut :

Pemuncak Pertama di Program Studi Ilmu Administrasi Negara di raih oleh Mahasiswa bernama Naurah Fatin Mahmuda dengan IPK 3,75 (sangat memuaskan), Pemuncak Pertama di Program Studi Ilmu Pemerintahan di raih oleh Mahasiswa yang bernama Meliana Candra Garnasi dengan IPK 3,74 (sangat memuaskan), Pemuncak Pertama di Program Studi Sosiologi di raih oleh Mahasiswi bernama Dinda Imelda dengan IPK 3,88 (sangat memuaskan), Pemuncak Pertama di Program Studi Ilmu Hukum di raih oleh Mahasiswi yang bernama Hagana Ginting dengan IPK 3,79.

Kemudian setelah pembacaan SK IPK pemuncak antar prodi, di lanjutkan pembacaan SK IPK pemuncak se-FISIP.

Pemuncak Pertama di raih oleh Mahasiswi yang bernama Dinda Imelda dengan IPK 3,88, Pemuncak Kedua di raih oleh Mahasiswa yang bernama Hagana Ginting dengan IPK 3,79, Pemuncak Ketiga di raih oleh Naurah Fatin Mahmuda dengan IPK 3,75.

Acara Yudisium berlangsung hingga sore hari di tutup dengan hiburan dari masing-masing Prodi dan Foto bersama antara mahasiswa dengan para dosen.

Reporter : Ayu Diah Ardian
Prodi: Ilmu Administrasi Negara

Mahasiswa HI UMRAH laksanakan Studi Ekskursi di 2 Negara Tetangga

0

SINGAPURA – Rabu (15/8) Sebanyak 34 orang Mahasiswa Program Studi  Ilmu Hubungan Internasional (HI) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) laksanakan Studi Ekskursi di Dua Negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia (johor bahru).

“Studi ekskursi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh program studi ilmu hubungan internasional UMRAH. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan praktek diplomasi ditingkat Kedubes dan Konsulat Jenderal”. Ungkap Sayed Fauzan Kaprodi HI UMRAH.

Pada saat kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura, 34 orang mahasiswa studi ekskursi ini didampingi oleh 3 orang dosen pembimbing HI UMRAH.

Dalam kunjungannya Mahasiswa HI UMRAH disambut baik oleh Kepala Atase Pendidikan Veronica Indah Wulandari serta Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, Dwi Kurnia Indrana Miftach.

Kepala Program Studi HI UMRAH, Sayed Fauzan Riyadi, menyampaikan bahwa dalam kunjungan tersebut Mahasiswa HI UMRAH mendapat bimbingan tentang fungsi KBRI di Singapura yang melayani smart embassy, kitas dan paspor.

“KBRI di Singapura meminta agar mahasiswa bisa membangun jaringan antara pengusaha lokal Indonesia dan KBRI di Singapura. Sebagaimana yang diketahui hingga kini pola kerjasama pengusaha lokal Indonesia dan KBRI di Singapura tidak berjalan secara berkelanjutan”. Ujar Sayed Fauzan sekaligus mengakhiri pertanyaan awak Teraju UMRAH.

Pada kesempatan inipun para Mahasiswa yang melaksanakan studi ekskursi tetap melaksanakan upacara peringatan HUT ke 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia Jumat (17/8) di KJRI Johor Bahru.

Kaji Masalah Buruh dan Imigran, Prodi Sosiologi Hadirkan Peneliti University Milano Italia

0

Dosen Umrah bersama Giacomo Tabacco, Phd
peneliti University of Milano-Bicocca , Italia. (foto:beto)


TANJUNGPINANG,- -Menghadapi tantangan dan permasalahan yang terjadi dalam negeri, Program Studi Sosiologi Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang kembali menggelar Forum Grup Discusion (FGD).

Kali menghadirkan seorang peneliti Giacomo Tabacco, Phd dari University of Milano-Bicocca, Italia, untuk mengkaji permasalahan buruh dan imigran.

Hal tersebut disampaikan Ketua Jurusan Program Studi Sosiologi Umrah Marisa Elsera M.Si saat FGD berlangsung di Gedung Rapat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kampus Dompak, Selasa (21/8/2018).

Marisa katakan, Permasalahan buruh dan imigran hari ini menjadi salah satu tantangan bagi keilmuan sosiologi untuk melakukan kajian yang strategis. Sebab, masalah buruh akan menyangkut  kesejahteraan, Ucapnya. 

Disamping menguraikan persoalan buruh yang ada di kepri, baik lokal dan asing. Kita juga membicarakan untuk upaya kerjasama pengembangan dalam riset dan pengabdian masyarakat.

“Yang pastinya kita harapkan kerjasama yang intens nantinya terjalin antara lembaga peneliti asal Italia ini dan bahkan kerjasama antar Universitas millioano dengan kampus kita UMRAH,” kata Marisa yang merupakan dosen mudah itu.

Dikatakannya lagi, selain memberikan dampak positif bagi pengembangan bagi mahasiswa, diharapkan nantinya dapat menunjang akreditasi Prodi Sosiologi serta mutu keilmuan.

Senada dengan hal yang sama, Dinda Imelda sala seorang mahasiswa sosiologi mengatakan dengan kehadiran peneliti asal Italia tersebut memberikan wawasan dan pemahaman baru. 

“Tapi yang tidak kalah penting, dengan adanya sinergi yang dijalin oleh Prodi Sosiologi ini, kami harapkan dapat memberikan akses jejaring untuk kami dapat melanjutkan studi ke Italia,” Ucap dinda.

Kegiatan FGD tersebut dihadiri sejumlah dosen sosiologi dan ilmu pemerintahan serta beberapa mahasiswa sosiologi.

LKTD IX Himanegara, Mewujudkan Jiwa Kepemimpinan yang Progresif

0

Tanjungpinang,  Persma Kreatif FISIP UMRAH – Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMANEGARA),  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP),  Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH),  mengadakan kegiatan tahunan yaitu Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) Ke IX Tahun 2018 dengan tema “Mewujudkan Jiwa Kepemimpinan yang Progresif dan Berintegritas dalam Berorganisasi”.  Jumat (06/04)

HIMANEGARA merupakan salah satu Himpunan Mahasiswa Jurusan yang ada di kampus FISIP UMRAH,  yang saat ini di ketuai oleh Heri Kurniawan mahasiswa asal Kundur Periode 2018/2019.

Kegiatan LKTD ke IX ini diselenggarakan di Aula Kwartir Daerah Kepulauan Riau Jl. Raya Dompak, dengan di ketuai oleh Anggun Setiawan yang merupakan mahasiswi semester 4. sebanyak 47 Peserta Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara ikut serta dalam kegiatan ini dengan masing-masing 45 peserta mahasiswa dari semester 2 dan 2 diantaranya peserta berasal dari mahasiswa semester 4, kegiatan LKTD ini berlangsung selama 3 hari, dimana kegiatan tersebut diadakan 2 hari untuk LKTD dan 1 hari khusus kegiatan Family Gathering.

LKTD ke IX ini di buka oleh Ketua Jurusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara yaitu Imam Yudhi Prastya, S. IP., M.PA.

Dalam kegiatan tersebut pengisian materi kegiatan di isi oleh Dosen Administrasi Negara yaitu Agus Hendrayadi S. Sos., M. Si, Dosen Hukum yang sering di panggil dengan Jhon Kepri,  kemudian 3 dari Demisioner HIMANEGARA itu sendiri.

Tujuan dari diadakannya LKTD ke IX tahun ini yaitu :

  1. Lebih menambahkan jiwa kepemimpinan kepada mahasiswa yang lebih progresif dan berintegritas
  2. Membekali mahasiswa dengan sikap wawasan dan keterampilan untuk mengkoordinir organisasi
  3. Terbentuknya jiwa kepemimpinan pada mahasiswa yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap lingkungan sosial

Reporter: Ayu Diah Ardian (IAN)

Dekan FISIP lantik Pengurus Himsos Baru

0

humas_umrah. Sebanyak dua puluh lima orang Mahasiswa Sosiologi Universitas Maritimim Raja Ali Haji resmi dilantik sebagai Pengurus Himpunan Mahasiswa Sosiologi oleh Dekan Fisip Umrah di Aula Rektorat, Senin (9/4/2018)

Bismar Arianto, Dekan Fisip UMRAH menyampaikan, Himpunan Mahasiswa merupakan tombak dalam pelaksanaan kegiatan mahasiswa, “Mahasiswa jangan hanya membuat kegiatan di kampus tetapi bagaimana mahasiswa itu sendiri lihai dalam membangun jaringan selama dikampus. Sebab jaringan itu akan bermanfaat bagi kalian setelan selesai kuliah”, jelasnya

Ia juga memesankan kepada mahasiswa agar kedepannya mampu mendorong kegiatan-kegiatan mahasiswa tanpa mengharapkan dana dari kampus, tutupnya.

Senada dengan yang disampaikan Dekan FISIP, Kepala Jurusan Sosiologi, Marisa Elsera, M.Si, sangat mengharapkan kepada kepengurusan yang baru agar kedepannya dapat memajukan himpunan mahasiswa ini.

“Kalian berorganisasi hari ini, adalah sebagai ajang pembelajaran bagi pengembangan potensi diri, dan juga dapat membangun link. Untuk kedepannya kegiatan himpunan kita jangan hanya berpatok pada kegiatan seremonial ataupun internal dikampus melainkan kegiatan ekstra pengembangan” tutup Marisa.

Silaen Rovaldy, Ketua Terpilih Himpunan Mahasiswa Sosiologi mengatakan akan bersinergi dengan program studi untuk mendorong peningkatan kompetensi mahasiswa dan kemajuan akreditasi. (presmakreatif.fisp.umrah)

FISIP UMRAH gelar Yudisium IV

0

Tanjungpinang, Persma Kreatif FISIP UMRAH – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), di lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menyelenggarakan Yudisium IV di Auditorium Dompak, Kamis (22/03).

Yudisium IV di buka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yaitu Bismar Ariyanto, terdapat 5 program studi, Yudisium di ikuti sebanyak 145 Mahasiswa yang terdiri dari 46 Program Studi Ilmu Administrasi Negara, 57 dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, 41 dari Program Studi Sosiologi, dan 1 dari Program Studi Hukum, untuk Program Studi Hubungan Internasional sendiri Program Studi baru yang belum ada mahasiswanya untuk Yudisium

Dalam acara Yudisium tersebut di bacakan pula Surat Keputusan (SK) Pemuncak Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk masing-masing program studi dan Pemuncak IPK se-FISIP.

Yaitu sebagai berikut :

Pemuncak Pertama di Program Studi Ilmu Administrasi Negara di raih oleh Mahasiswa bernama Rahma dengan IPK 3,67 (sangat memuaskan), Pemuncak Pertama di Program Studi Ilmu Pemerintahan di raih oleh Mahasiswa yang bernama Upik Garnasi dengan IPK 3,61 (sangat memuaskan), Pemuncak Pertama di Program Studi Sosiologi di raih oleh Mahasiswi bernama Desti dengan IPK 3,49 (sangat memuaskan), Pemuncak Pertama di Program Studi Ilmu Hukum di raih oleh Mahasiswi yang bernama Nina M. Amalia dengan IPK 3,67.

Kemudian setelah pembacaan SK IPK pemuncak antar prodi, di lanjutkan pembacaan SK IPK pemuncak se-FISIP.

  1. Pemuncak Pertama di raih oleh Mahasiswi yang bernama Nina M. Amalia dengan IPK 3,67
  2. Pemuncak Kedua di raih oleh Mahasiswa yang bernama Upik Garnasi dengan IPK 3,61
  3. Pemuncak Ketiga di raih oleh Mahasiswa yang bernama Rahma dengan IPK 3,57

Acara Yudisium berlangsung hingga siang hari di tutup dengan hiburan dari masing-masing Prodi dan Foto bersama antara mahasiswa dengan para dosen.

Reporter : Ayu Diah Ardian

Prodi: Ilmu Administrasi Negara

Mahasiswi UMRAH Raih Medali Perunggu di Malaysia

0

humas_UMRAH. Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) raih juara 3 (medali perunggu) kelas C Putri Dewasa, kategori antarbangsa, di Event 9th Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Internasional Silat Championship, Malaysia (25/3).

Syarifah Farzanah, dara cantik kelahiran Kijang, 30 Maret 1999, bukanlah atlit biasa. Sejak duduk di kelas 5 SD, dirinya sudah berlatih di perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Segudang prestasi sudah diraihnya. Mulai dari medali emas Popda Bintan, medali emas Popda Batam, medali perak Popwil Riau, medali emas piala walikota Batam, medali emas piala walikota Tanjungpinang, dan tahun ini akan diutus menjadi salah satu atlit yang mewakili Kota Tanjungpinang pada Proprov Kepri.

Melalui pesan Whatsapp (WA), Syarifah yang akrab disapa Nana ini mengatakan bangga bercampur kecewa dengan prestasi yang diraihnya.

“Saya bertanding bersama 19 atlit antarbangsa di kelas c putri (55-60Kg). Saya dinyatakan menang ketika berhadapan dengan pesilat dari Sabah, kemudian kembali dinyatakan menang ketika menghadapi pesilat dari Kuala Lumpur. Namun sayangnya, ketika melawan pesilat Kuala Lumpur ini, kaki saya cedera. Masuk ke semifinal dengan kaki cedera, tentu membuat penampilan saya melawan lagi-lagi atlit dari Malaysia, kurang maksimal, sehingga saya tampil seadanya. Akhirnya saya kalah di semifinal, dan dinayatakan sebagai peraih medali Perunggu” cerita Nana.

“Saya berharap, kita (UMRAH) akan lebih baik lagi ke depannya. Kita tidak boleh kalah dengan kampus-kampus lain se-Indonesia dan Internasional. Untuk Itu, dengan raihan prestasi ini, semoga UMRAH akan lebih mendukung UKM Silat yang ada di kampus sekarang. Banyak kejuaraan yang masih belum bisa kita ikuti. Semoga tahun ini (2018), kita bisa cetak banyak prestasi lagi untuk kampus tercinta” Tutup anak dari pasangan Said Alwi dan Zubaidah.

Bismar, Dekan FISP UMRAH, ketika dikomfirmasi mengucapkan selamat dan mengaku bangga dengan prestasi yang diraih. “Kita ucapkan selamat. Semoga ke depannya bisa berprestasi lebih baik lagi dan kita juga berharap, kampus bisa lebih memberi ruang krestivitas mahasiswa untuk berprestasi”.

Di ruang kerjanya, Syafsir Akhlus, Rektor UMRAH, mengatakan “Atas nama Seluruh Civitas Akademika UMRAH, saya ucapkan selamat kepada Syarifah Farzanah, mahasiswa peraih medali perunggu di Kejuaraan Pencak Silat Internasional yang diselenggarakan UPSI Malaysia. Terima kasih telah mengharumkan nama UMRAH di pentas Internasional. Saya berharap, semoga prestasi ini dapat menjadi pemicu prestasi-prestasi lainnya. Jayalah UMRAH”

Laboratorium Ilmu Hukum UMRAH Gelar Lomba DeKratis

0

Humas­ UMRAH- Laboratorium Ilmu Hukum UMRAH menggelar Lomba Debat Demokratis (Dekratis) UMRAH Antar Mahasiswa Se-Pulau Bintan , Dompak (22/3).

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Laboratorium Ilmu Hukum UMRAH dengan LKBN ANTARA Biro Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut Pery Rehendra Sucipta MH, Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan yang bertemakan “Menuju Pilkada Parsipatif dan Demokratis” ini, setidaknya, memiliki tiga tujuan. Pertama, untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap peristiwa yang sedang terjadi, serta mengukur kekritisan dan kepedulian mahasiswa terhadap peristiwa tersebut. Kedua, meningkatkan partisipasi pemilih pemula (mahasiswa) dalam pelaksanaan pesta demokrasi daerah. Dan ketiga, memberikan pengetahuan dan pengembangan wawasan mahasiswa tentang demokrasi dan pilkada.

Debat yang diikuti 10 peserta ini dinilai oleh tim dewan juri ahli dan profesional, antara lain Akademisi UMRAH, Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, Komisioner Panwaslu Kota Tanjungpinang, LKBN ANTARA Biro Provinsi Kepri, Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara Pengda Kepri, dan LP3M UMRAH.

Berdasar keputusan Dewan Juri, tiga tim dinobatkan gelar juara. Pertama Tim Ki Hajar Dewantara (Sirait, Patma, Rilo Pambudi) dari Prodi Hukum UMRAH dengan nilai akumulasi sebesar 372 Poin. Kedua, dengan 293 poin, Tim M. Natsir (Yuda Putra Jayadi, Angela Simbolon, Harly Ansyah) dari Prodi Ilmu Pemerintahan UMRAH. Dan Ketiga, diraih Tim Hang Tuah (Rudi Iswanto, Nurul Khairi, Wulandari Destriani) dari STAI Miftahul Ulum dengan 287 poin.

Foto Bersama Tim Pemenang, Dewan Juri, dan Panitia Pelaksana

“Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut. Intinya, pemilih pemula dalam hal ini mahasiswa sebagai Agen Of Change mampu mengambil peran dalam mewujudkan pilkada yang parisipatif, demokratis, dan tidak ada SARA. Yang penting lagi, mahasiswa TIDAK GOLPUT!” Tutup Pery bersemangat.

Jurusan IP Gelar Kuliah Lapangan

0

Persma Kreatif:  Belasan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP UMRAH bersama dosen pembimbingnya Eki Darmawan,M.I.P, melaksanakan Kuliah Lapangan di Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) di Jalan Riau, Nomor 15. Senin (26/3).

“Petanian, Pangan dan Perikanan masuk dalam materi pelajaran pada Mata Kuliah Politik Kelautan Khususnya permasalahan Perikanan dan Nelayan, kita ingin berdiskusi langsung mengenai program yang ada dari DP3, berdialog menambah pembelajarn baru dan mengaplikasikan ilmu terapan yang sudah diberikan di Kampus”. Ujar Eki memulai jalannya diskusi.

Dalam keterangannya, pihak DP3 menjelaskan alat bantu ikan sejak tahun 2016 dan 2017 telah dihentikan karena terbentur Permendagri No 14 Tahun 2016 tentang dana hibah bansos, Kelompok nelayan juga mesti berbadan hukum,atau tergabung dalam koperasi minimal harus sudah koprasi yang berdiri 3 tahun.

“Sekarang untuk kelompok – kelompok nelayan yang berbentuk koperasi atau lainnya harus berbadan hukum, kami tentu tetap merangkul nelayan kecil untuk mendapatkan bantuan seperti jaring apollo, perahu nelayan yang memiliki mesin 3 GT, dan ditingkat pusat telah mencanangkan Kartu Pelaku Usaha dan Perikanan sesuai PermenKP/39/2017”. Ucap Siti Marhamah selaku Seksi Bidang perikanan dan tangkap di DP3.

Dalam diskusi juga disampaikan bahwa DP3 telah memiliki daftar kelompok nelayan yang telah berbadan hukum sejak tahun 2016, syarat awal pembuatan asuransi nelayan harus memiliki kartu nelayan. Untuk saat ini, kartu nelayan telah disosialisasikan dan diberikan kepada masyarakat yang benar – benar bekerja sebagai nelayan.

Buyung Pribadi yang juga seksi Bidang Perikanan Tangkap di DP3 ikut menjelaskan, bahwa wewenang tersebut telah berpindah ke Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri. Sosialisasi telah berjalan sejak tahun 2016 agar masyarakat tidak kebingungan untuk mendapatkan bantuan, dalam hal koperasi nelayan telah diserahkan kepada dinas koperasi.

“Koordinasi dengan DKP Provinsi berjalan baik, teknisnya untuk menyampaikan persoalan kita melalui surat, namun untuk hal kewenangan dan pelaporan langsung ke DKP Provinsi”. Ungkap Buyung. (*).

Terbaru